Terdapat 10 desa yang memang menarik dan bersih, serta bisa dinikmati secara lebih alamih, hal ini bisa menjadi wisata yang bisa di kunjungi. Salah satunya adalah Desa Argapura di Kabupaten Majalengka yang mempunyai juga pesona keindahan alamnya.

Desa Argapura mempunyai panorama pertanian atau perkebunan yang sungguh mempesona. Keindahan terasering Argapura tidak kalah menarik dibandingkan Bali, bahkan Vietnam atau Thailand. Bagian barat, kamu akan dimanjakan dengan pesona keindahan lembah Cilongkrang. Sedangkan bagian timur, kamu bisa melihat Gunung Cermai dengan ketinggaian antara 3.078 meter di atas permukaan laut. Mayoritas hasil bumi unggulannya adalah bawang daun, padi, ubi, bawang merah dan sebagainya.

Namanya Bukit Panyaweuyan Argapura Majalengka di Desa Sukasarikaler, Jawa Barat. Panorama dari bukit Panyaweuyan benar-benar akan memuaskan dahaga dan pehobi fotografi. Betapa tidak, pesona terasering Argapura yang merupakan warisan leluhur begitu cantik dilihat. Bukit Panyaweuyan ini juga populer dengan sebutan bukit bintangnya Majalengka. Bahkan, lokasi bukit Panyaweuyan ini cukup dekat dengan destinasi wisata air terjun Muara Jaya

Dari Bukit Panyaweuyan Argapura Majalengka, kalian bisa memotret keindahaan Gunung Cermai di bagian Timur. Bahkan dari titik yang sama, kalian bisa melihat pemukiman penduduk di kaki Gunung Cermai dan pesona terasering yang memanjakan mata. Tak akan habis-habisnya kalian memencet shutter kamera. Siapkan saja kapasitas penyimpanan memory yang lebih besar untuk menampung keindahan pesona Bukit Panyaweuyan Argapura Majalengka.

Satu himbauan untuk pengunjung yang akan berkunjungi ke wisata ini,jangan pernah melakuakn kerusakan seperti menginjak-injak tanaman pertanian yang ada disana cuma untuk berfoto selfie.
Panyaweuyan sendiri adalah satu tempat di mana pengunjung dapat lihat sebagian gunung yang ada di daerah yang berdekatan dengan Kabupaten Majalengka.
Mengenai saat paling baik untuk nikmati semuanya keindahan yang ada di Terasering Panyaweuyan yaitu pagi hari, mulai sejak jam 1/2 6 pagi sampai jam 8, pengunjung bakal terhipnotis dengan keindahan alam di Panyaweuyan.
Untuk mencapai lokasi Terasering Panyaweuyan Argapura ini bisa menggunakan sepeda motor ataupun roda empat.

Lokasinya sendiri dari Kabupaten Majalengka kita dapat mencari Terminal Maja.Kemudian ikuti jalan yang menghadap ke Argalingga hingga di pertigaan Sadasari-Sukasari belok kanan. Sesudah jembatan Cilongkrang belok kiri, atau bisa bertanya kepada penduduk arah menuju Teja Permana/Cibunut atau Cibuluh. Kondisi jalan cukup baik cuma untuk kendaraan roda empat mungkin akan sedikit terkendala.Karena jalannya agak sempit,maka disarankan untuk menggunakan sepeda motor saja. atau bagi teman-teman yang hobi dengan gowes sepeda bisa mencoba untuk pergi ketempat. (diambil dari berbagai sumber) citrust.id