VisitCirebon.com –  Keraton Kasepuhan Kota Cirebon saat ini mulai melakukan persiapan pelaksanaan acara Festival Keraton Nusantara se-Indonesia, yang bakal dihadiri sebanyak 113 keraton se-nusantara.

Menurut Setaf Keraton Kasepuhan, Bandi Festival Keraton Nusantara bakal dilaksanakan pada 15-19 september 2017 mendatang. Menurutnya Festival Keraton Nusantara di Cirebon, pernah diadakan pada tahun 1997 lalu, sekarang diadakan kembali pada bulan September 2017.

“Acara festival ini akan menampilkan kirab (prajurit kraton, red), musyawarah raja sultan, seminar, pameran benda pusaka dan pagelaran kesenian keraton,” jelasnya.

Dikatakannya, festival diselenggarakan atas kerjasama dari tiga lembaga yaitu pemerintah Provinsi Jawa Barat, pemerintah Kota Cirebon bersama Keraton Kasepuhan.

“Di festival ini, juga akan dihadiri 5 kerajaan dari luar negeri, seperti Pakistan, Malaysia dan Brunei Darussalam,” tandasnya.

Menyinggung masalah persiapan, pihaknya sudah dimulai, direncanakan pekan depan akan dipublikasikan melalui spanduk dan baliho juga melalui media yang ada di Cirebon.

“Namun demikian, mayoritas masyarakat Cirebon sudah mengetahui. Diprediksi hampir 5.000 peserta festival bakal datang ke Cirebon. Kegiatan ini, bisa sebagai mendongkrak Cirebon sebagai destinasi wisata,” pungkasnya.

Sumber: http://www.cirebontrust.com/keraton-kasepuhan-bakal-gelar-festival-nusantara-se-indonesia.html