1. Gua Sunyaragi

Gua Sunyaragi merupakan sebuah gua yang letaknya di daerah sunyaragi, kesambi kota cirebon. Dalam bahasa sansakerta “sunya” berarti sepi sedangkan “ragi” yang berarti raga.

Gua Sunyaragi di kota cirebon ini sering juga disebut sebagai Taman air sunyaragi. Adapun tujuan dari pembangunan gua sunyaragi ini sebagi tempat peristirahatan dan meditasi para sultan cirebon dan keluarganya.

Letaknya yang sangat dekat hanya 15 menit dari hotel metland cirebon menuju gua sunyaragi mempermudah para wisatawan mengunjungi gua sunyaragi yang ada di cirebon ini.

2. Keraton Kesepuhan

 

Keraton kesepuhan merupakan sebuah keraton yang paling rapih dan terawat, Keraton kesepuhan ini merupakan kerajaan islam tempat para sultan memiliki tahta di kota cirebon ini.

Keraton ini memiliki tempat museum yang didalmnya sngat lengkap dengan benda pusaka dan peninggalan sultan pada masa itu.

Salah satu koleksi yang sangat menarik yaitu kereta kencana Singa Barong yang merupakan kereta kencana Sunan Gunung Jati, Pada tanggal 1 Syawal kereta kencana tersebut akan dimandikan, Nah ini dia kesempatan bagi para wisatawan untuk dapat menyaksikan secara langsung kereta kencana Singa barong dimandikan.

Letaknya yang sangat strategis dari hotel metland cirebon hanya memakan waktu 20 menit saja sudah dipastikan para wisatawan bisa langsung sampai ketempat tujuan.

3. Makam Sunan Gunung Jati

Kota Cirebon memang sangat terkenal berkat adanya seorang mubaligh, sufi dan penyebar agama islam di kota cirebon dan seantero jawa yaitu Syarif Hidayatullah yang sering dikenal dengan Sunan Gunung jati.

Bagi wisatawan dapat mengunjungi tempat ini sebagi wisata religi dan dapat melihat sebuah makam dengan arsitektur Arab, Cina dan Jawa. Lokasi makam tersebut berada di Desa Astana, Kecamatan Gunung Jati Cirebon Jawa Barat. Jika wisatawan menginap di hotel yang ada di kota cirebon tentu akan dengan cepat sampai ke lokasi ini hanya dengan menempuh jarak 8 menit saja anda sudah tiba ditempat tujuan.

4. Masjid Agung Sang Cipta Rasa

Masjid Agung Sang Cipta Rasa merupakan sebuah masjid tertua yang ada dikota Cirebon, konon pada tahun 1480 Masehi atau sekitar pada masa wali songo menyebarkan agama Islam di Jawa Barat.

Yang uniknya dari masjid ini yaitu tidak memiliki puncak atap, karena kubahnya dipindah ke Masjid Agung Baten yang hingga kini memiliki dua kubah.

Arsitektur yang ada pada masjid ini sangatlah khas karena tidak ada puncak pada atapnya, Masjid ini memiliki dua ruangan yaitu beranda dan ruangan utama.

Untuk menuju ruang utama wisatawan akan menemui sembilan pintu, Hal ini yang melambangkan wali songo.

Pada bagian mihrab masjid terdapat ukiran berbentuk bunga teratai yang dibuat langsung oleh Sunan Kalijaga. Selain itu terdapat mihrab yang didalamnya terdapat tiga ubin yang melambangkan tiga pokok ajaran agama diantaranya Iman, Islam dan Ihsan.

Untuk para wisatawan yang menginap di hotel kota cirebon akses menuju masjid ini sangatlah mudah hanya menempuh jarak 12 menit saja menuju lokasinya.